Rabu, 10 Oktober 2012

(85) Asma al-Husna : Maalik Al-Mulk ; (86) Asma al-Husna :Dzuu Al-Jalaal Wa Al-Ikraam





(85) Maalik Al-Mulk (Pemilik Kerajaan)



(86) Dzuu Al-Jalaal Wa Al-Ikraam (Pemilik Keluhuran dan Kemuliaan)

Arti nama al-Jalaal telah diterangkan sebelumnya Al-Jaliil berarti layak baginya sifat ketinggian, sifat-sifat kebesaran serta keagungan.

Barangsiapa yang sudah mengenal kebesaran-Nya hendaklah merendahkan dan menghinakan diri kepada-Nya.

Diriwayatkan bahwa ada malaikat yang mulai diciptakan, hingga kini dalam keadaan menangis, tiada terasa lemah maupun letih; dan setiap tetes airmatanya, oleh Allah dijadikan malaikat pula, tidaklah mereka mengangkat kepalanya sampai nanti tiba Hari Kiamat, dan yang selalu diucapkan adalah:

“Maha Suci Engkau, kami tidak menyembah-Mu dengan sebenar-benarnya penyembahan”.

Dikatakan bahwa ada di antara para malaikat pendukung Arasy, yang bentuknya seperti ‘ijil (anak sapi jantan), ketika Bani Israil menyembah anak sapi, para malaikat itu segera menutupi wajahnya karena malu kepada Allah Swt.

Ibn Jalaa’ berkata: “Pernah terjadi pada suatu ketika mengendarai seekor unta, lalu aku mengucapkan: “Jalla Allaah, unta itu pun mengucapkan sebagaimana yang aku ucapkan dengan fasih”.

Tiadalah kebesaran, keagungan dan kemuliaan Jalla Allah itu diiringi oleh pembantu dan bukan dikarenakan oleh sebab-sebab tertentu, tetapi Jalaal-Nya Ta’ala ialah sifat yang yang mengarah ke sifat-sifat ketinggian, kemuliaan, dan keagungan.

Al-Ikraam berdekatan dengan arti al-In’aam (pemberi nikmat), tetapi kata al-Ikraam lebih dikhususkan untuk-Nya. Dia memberi nikmat kepada siapa yang tidak diberi ikraam, dan Dia tidak memberi Ikraam melainkan kepada siapa yang diberi nikmat.

Ikraam Allah Swt kepada hamba-Nya disegerakan di kala di dunia ini dan di akhirat kelak. Dan atas serba kekurangan dan kelengahan yang ada pada diri si hamba, maka al-Haq Swt menganugerahi nikmat atasnya, sedang si hamba bersyukur kepada selain-Nya  dan memberi rezeki kepadanya, sedang ia berkhidmat dan memohon kepada selain-Nya.

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...