Rabu, 10 Oktober 2012

(72) Asma al-Husna : Al-Qaadir ; (73) Asma al-Husna :Al-Muqtadir







(72) Al-Qaadir ; (73) Al-Muqtadir

Yang Maha Kuasa

Kedua asma Allah ini tercantum dalam al-Qur’an, sebagaimana firman-Nya :

“ ‘Indaka maliikin muqtadir”
Artinya: “Di sisi Raja Besar yang sangat berkuasa” (QS. al-Qamar [54] : 55).

Al-Qaadir artinya Yang Maha Kuasa, Maha Kuat; bagi-Nya kekuasaan. Adapun hakikat kekuasaan ialah yang berkuasa atas apa yang menjadi kehendak-Nya. Ditinjau dari arah keberhasilan, maka al-Qaadir berlainan dengan Khaaliq (Pencipta) dan Kasab (hasil Usaha).

Qudrat al-Haq Ta’ala layak dan bermanfaat bagi penciptaan, sedang qudrat hamba patut dan bermanfaat untuk kasab (usaha, kerja). Sehingga, seorang hamba tidak bisa disifati dengan qudrat atas penciptaanya, dan al-Haq Swt tidak bisa disifati dengan qudrat atas Kasab (hasil usaha).

Siapa yang sudah mengenal bahwa Dia adalah Qaadir (berkuasa), niscaya  ia akan merasa takut akan datangnya balasan di saat melalaikan-Nya. Dan akan selalu mengharapkan kelemah-lembutan rahmat dan nikmat-Nya di saat ia bermohon dan berhajat kepada-Nya. Ia tidak mengandalkan ketaatannya sendiri sebagai jaminan terkabulnya permohonan, tetapi semata-mata atas kemurahan dan anugerah-Nya.

Juga bagi mereka yang sudah mengenal, bahwa Dialah yang berkuasa, niscaya hidupnya tenang dan tenteram, terbebas dari keinginan balas dendam atau menyakiti orang lain. Sehingga, sangat layak baginya pemberian kemenangan dari Allah Swt, dan ini merupakan anugerah yang paling sempurna. Untuk itulah, sebuah nasehat mengungkapkan: “Hendaklah kalian waspada dari seseorang yang tidak menjadikan Allah sebagai penolongnya”.

Ketahuilah, bahwa Allah Swt bersifat Kariim (Maha Pemurah / Dermawan) yang sanggup melaksanakan apa saja yang dikehendaki-Nya; Dia juga Maha Pemberi maaf, Maha Mengetahui, dan Maha Haliim (yang mampu menahan amarah-Nya).

Para malaikat pemikul ‘Arasy berjumlah delapan, empat bertasbih dengan mengucapkan:

“Maha Suci Allah sebanyak bilangan kemaafan-Nya”.

Dan pujian lainnya;

Maha Suci Allah sebanyak bilangan Maha Halim-Nya, sesudah dari ilmu-Nya.

 <===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...