Rabu, 10 Oktober 2012

(65) Asma al-Husna : Al-Hayyu ; (66) Asma al-Husna : Al-Qayyuum




(65) Al-Hayyu (Yang Maha Hidup) ; (66) Al-Qayyuum ( Yang Berdiri Sendiri)


Allah Swt adalah Yang Maha Tetap Hidup, hidup-Nya merupakan sifat zat-Nya. Dan tiada fana atau kehancuran bagi-Nya.

Al-Qayyuum melebihi sebutan al-Qaaim (yang berdiri mengurus) terhadap berbagai urusan, pekerjaan dan titah-perintah yang berlaku di alam semesta ini.

Siapa yang mengetahui bahwa Dia-lah Yang Maha Hidup tanpa dikenal kematian, tiadalah orang itu menyandarkan dirinya kepada makhluk. Karena orang yang bersandar dan menyerahkan dirinya kepada makhluk akan diketahui kelak pada waktu tiba kefanaan. Makhluk tersebut saat diperlukan, tidak akan berbuat apa-apa, bahkan ia akan berlepas tangan.

Ada seorang berkata: “Kawanku telah mati, meskipun aku sering menangisinya, ia tidak juga kembali!” Lawan bicaranya menyahut: “Kesalahan ini adalah kesalahanmu sendiri, mengapa engkau mencari kawan yang dapat mati? Mengapa tidak mencintai Yang Maha Hidup, yang tidak disentuh kematian; tentulah engkau menjadi seorang yang kaya yang tidak lagi berhajat pada tangisan”.

Orang lain berpendapat: “Sebenarnya dunia dan kematian itu tidak berarti apa-apa!” Kawannya menjelaskan: “Yang dimaksud, sampainya seorang hamba kepada Tuhan tergantung oleh kematian, maka kematian itu adalah kenikmatan”. Lanjutnya: “Barulah sekarang aku mengerti, kalau kematian itu sebenarnya jembatan yang menyampaikan kekasih pada Kekasih”.

Alamat seseorang rindu kepada Allah adalah mereka selalu merindukan kematian atas permadani sehat.

Tokoh-tokoh sufi sependapat bahwa barang berharga di dunia ini, baik sekarang maupun yang akan datang adalah lebih sedikit di sisi Allah dari satu tabinah (sebatang jerami) di sisi sultan. Siapa yang mengharapkan sebatang jerami dari seorang sultan berarti kemauan keras dirinya telah susut mengecil.

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...