Rabu, 10 Oktober 2012

(60) Asma al-Husna: Al-Muhshii


(60) Al-Muhshii (Yang Maha Menghitung)

Al Muhshii disebut dalam al-Qur’an sebagaimana firman-Nya:

“Wa ahshii kulla syai’in ‘adada”

Artinya: “… dan Dia menghitung segala sesuatu menurut bilangan” (QS. al-Jin [72]: 28).

Ilmu Allah Swt meliputi segala sesuatu, karena itu Rasullullah saw. Bersabda, “Sesungguhnya bagi Allah ada sembilan puluh sembilan nama, barangsiapa yang dapat menghitungnya, niscaya akan masuk surga”. Maksudnya, “siapa yang mengetahui nama-nama itu”.

Al-Muhshii dapat juga menjadi sifat dengan arti menghitung sesuatu. Dari segi adab bagi mereka yang telah mengetahui, bahwa Dia menghitung nafas-nafas dan memelihara pancainderanya. Tentu saja sang hamba mengetahui kalau Allah Swt itu berada di dekat dirinya, menjaga, mengawasi dan memonitornya. Dan mengetahui pula, bahwa dirinya dibebani menghitung-hitung karunia-Nya. Jujur saja, pastilah kita sebagai hamba-Nya ini dengan pengetahuan yang ada, tidak akan pernah mampu menghitung karunia-Nya, selain Dia sendiri. Allah Swt berfirman: “Jika kamu hendak menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghitungnya” (QS. Ibrahim [14]: 34).

Oleh karena itu, bagi si hamba hendaknya mengisi waktunya dengan selalu menyebut karunia-karunia-Nya dan mensyukuri pemberian-Nya. Jika ini dilakukan dengan penuh keikhlasan, pastilah Allah akan menambahkan pemberian-Nya.


<===  To Be Continued  ===>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...