Rabu, 04 Juli 2012

(33) Asma al-Husna : al-Haliim

Asma al-Husna : al-Haliim




(33) al-Haliim (Yang Maha Penyantun)

Makna asma Allah al-Haliim adalah yang dapat mengundurkan atau menunda balasan-Nya terhadap orang yang sepatutnya menerima. Dan ini merupakan sifat perbuatan yang disifatkan kepada-Nya semenjak masa azali. Para ahli kebenaran (ahl al-haq) berkata: “Al-Haliim Allah Swt adalah iradat-Nya untuk menangguhkan balasan siksa-Nya”. Ini berarti sifat zat-Nya. Dan Dia bersifat al-Haliim secara terus-menerus, maka balasan siksa-Nya diundurkan pada sebagian orang yang seharusnya layak untuk menerima siksa; adakalanya pula langsung memberlakukan siksa-Nya; adakalanya pula memaafkan. Semuanya itu adalah persoalan yang sudah ditetapkan sejak awal dan bergantung sepenuhnya pada iradat dan ilmu-Nya.

Dihikayatkan, bahwa Nabi Ibrahim – salam sejahtera atasnya – ketika melihat alam kerajaan langit dan bumi, ia melihat seorang tengah melakukan maksiat; serta merta ia berdoa: “Ya Allah, binasakanlah dia!” Langsung pula Allah membinasakannya. Kemudian melihat lagi kejadian serupa. Ia pun langsung berdoa dan Allah pun mengabulkan doanya. Kejadian itu berlangsung sampai empat kali. Kemudian Allah mewahyukan: “Berhentilah, hai Ibrahim! Andaikan Kami membinasakan setiap orang yang berbuat maksiat yang engkau lihat, niscaya tidak seorang makhluk pun yang tersisa, tetapi Haliim-Ku tidak akan menyiksa mereka dengan dua pilihan; mereka bertobat atau mereka terus melakukan maksiat. Namun yang jelas, tidak satu pun yang luput dari Haliim-Ku.

Di antara ke-Haliim-an Allah Swt, bahwa Dia tidak akan membangkitkan amarahnya terhadap pembangkangan yang dilakukan para ahli maksiat, dan tidak akan mempercepat balasan siksa-Nya karena orang-orang mukmin terus-menerus terjerumus dalam pelanggaran. Dia tetap berlaku Haliim, sekalipun seorang jahil menyangka bahwa Dia tidak mengetahui. Karena Haliim-Nya pula Dia menutupi sehingga seorang buta beranggapan bahwa ia tiada melihat.

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...