Selasa, 26 Juni 2012

(16) Asma al-Husna : al-Qahhaar


Asma al-Husna : al-Qahhaar




(16) al-Qahhaar (Yang Maha Mengalahkan)

Dalam al-Qur’an dijumpai dua nama Allah Swt, al-Qaahir dan al-Qahhaar. Al-Qahhaar adalah sifat zat dan sifat perbuatan yang melebihi al-Qaahir. Al-Qaahir adalah kemauan-Nya yang dapat terlaksana terhadap para makhluk baik mereka menerima ataupun menolaknya, rela ataupun benci.

Ketahuilah bahwa Allah Swt telah menaklukkan jiwa para ‘abid (ahli ibadah) dengan perasaan takut akan siksa-Nya; hati para ‘arif ditaklukkan dengan kekuatan qurbat (kedekatan)-Nya; dan ruh para pencinta dengan penyingkapan hakikat-Nya. Sehingga bagi tiga tingkatan ini akan tampak bahwa: para ‘abid tidak berjiwa karena keabsolutan kekuasaan perbuatan-Nya atas dirinya; para ‘arif kehilangan hati karena keabsolutan kehadiran-Nya atas dirinya; dan ruh para pencinta kehilangan ruh karena keabsolutan penyingkapan Jamal dan Jalal-Nya.

Ketahuilah, Allah Swt telah menaklukkan seluruh hamba-Nya dengan kematian (al-maut). Tidak satu pun dari makhluk-makhluk-Nya yang terhindar dari kematian, baik Malaikat Muqarrab (Malaikat yang paling dekat dengan Allah) maupun para nabi yang menjadi utusan-Nya. Keperkasaan dan kekuatan mereka tidak berdaya sama sekali di hadapan-Nya.

Hal yang sama, Allah Swt juga akan mematikan Malaikat Maut (Izrail) dan memberikan kedahsyatan rasa mati padanya. Sehingga ketika ruh Malaikat Maut ini dicabutnya sendiri – karena dialah makhluk Allah yang terakhir – ia pun akan berkata: “Demi keperkasaan-Mu! Andaikan aku tahu betapa dahsyatnya sakitnya kematian, tentu aku enggan mencabut ruh seorang pun”. Ini juga merupakan makna al-Qahr (penaklukkan) Allah Swt. Karena itu ketika Dia sudah mencabut ruh semua makhluk, Dia pun berseru: “Milik sapakah kerajaan pada hari ini? Kepunyaan Allah Yang Maha Tunggal lagi Maha Perkasa” (QS. al-Mu’min / al-Ghaffir [40]: 16).

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...