Rabu, 10 Oktober 2012

(89) Asma al-Husna : Al-Ghaniy ; (90) Asma al-Husna :Al-Mughni




(89) Al-Ghaniy (Yang Maha Kaya) ; (90) Al-Mughni (Pemberi Kekayaan)

 
Al-Mughnii adalah yang memberikan kekayaan kepada hamba-hamba-Nya, dapat juga diartikan yang memberi kecukupan. Allah memberi kekayaan kepada hamba-hamba-Nya tidak sama antara satu dengan yang lain. Karena hajat-hajat pada hakikatnya berasal dari-Nya, sehingga makhluk tidak memiliki manfaat dan penderitaan untuk dirinya. Lalu bagaimana ia dapat membuat orang lain mengalami yang demikian? Kalau makhluk bergantung kepada makhluk, bisa diibaratkan sebagai orang yang terpenjara menggantungkan nasibnya kepada orang yang dipenjara.

Barangsiapa yung memohon kebutuhannya kepada Allah Swt, namun kemudian berpaling dan mengarahkan permohonannya kepada selain Allah, niscaya ia akan dicoba dengan selalu berhajat kepada makhluk, lalu Allah mencabut rahmat-Nya dari hati mereka.

Tidak demikian halnya dengan mereka yang selalu memohon kepada Allah, lalu setelah itu tetap saja memohon kepada Allah atas segala hajat kebutuhannya, maka akan dikayakan oleh Allah, dan diberi rezeki dari arah yang tidak terduga dan tibanya tanpa ditunggu-tunggu.

Kekayaan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya ada dua jenis; pertama, kekayaan yang dapat tumbuh (jumlah hartanya semakin besar), itulah kekayaan yang diberikan kepada para awam yang merupakan kekayaan majazi. Kedua, kekayaan yang murni, bersih, dan jernih; inilah kekayaan hakiki, karena kebutuhan dan hajat para makhluk ini pada himmah (cita-cita tinggi) lebih utama daripada hajat pada sesuap makanan (harta).

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...