Rabu, 10 Oktober 2012

( 76) Asma al-Husna : Al-Awwal ; (77) Asma al-Husna : Al-Akhir ; (78) Asma al-Husna : Al-Zhaahir ; (79) Asma al-Husna : Al-Baathin






( 76) Al-Awwal (Yang Awal) ; (77) Al-Akhir (Yang Akhir)


 

(78) Al-Zhaahir (Yang Maha Nyata) ; (79) Al-Baathin (Yang Maha Tersembunyi)

Al-Awwal sebagai sifat-Nya dapat diartikan sebagai al-Qadiim (yang terdahulu, lawan yang baru) al-Azalii (yang silam / lampau), dan yang tidak permulaan bagi-Nya. Al-Aakhir sebagai sifat-Nya dapat diartikan sebagai tidak ada kesudahan bagi-Nya, tidak berakhir dalam wujud-Nya. Al-Zhaahir sebagai sifat-Nya berarti sebagai al-Qaahir (Yang Maha Memaksa dan menaklukkan) terhadap makhluk-Nya; al-Baathin sebagai sifat-Nya berarti Yang Maha Mengetahui terhadap makhluk-Nya, yang mengurusi hal-ihwal makhluk-Nya. Sifat ini bisa juga diartikan sebagai yang Zhaahir – bagi akal yang sehat – dengan ayat-ayat, dalil dan tanda-tanda tauhid-Nya (ketunggalan-Nya). Atau, Yang Maha Perkasa atas suatu kaum yang terhijab (akal dan hatinya), sehingga mereka mengingkari eksistensi-Nya, menyangkal dan membantah-Nya.

Nama-nama Allah Swt ini merupakan isyarat bagi sifat perbuatan. Dialah Yang Awal dengan ihsaan-Nya; Yang Akhir dengan ampunan-Nya, yang lahir dengan nikmat-Nya dan yang batin dengan rahmat-Nya.

Dikatakan al-Awwal, yang pertama dengan kebaikan pemberian. Ini merupakan langkah pertama bagi-Nya untuk perkenalan pendahuluan. Kalau bukan taufik dan hidayah-Nya yang mendahului, maka tidaklah seorang hamba mampu mengenal-Nya. Dialah yang awal dengan hidayah, akhir dengan ri’aayat (pemeliharaan), lahir dengan kifaayat (mencukupi), dan batin dengan inaayat (pertalian).

Al-Awwal bermula dengan pemberian dan kebahagiaan, dan al-Aakhir berkesudahan dengan pemberian pertolongan; yang Zhaahir adalah pemberian kemuliaan-Nya, dan yang Baathin adalah penunjukkan jalan yang lurus.

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...