Rabu, 10 Oktober 2012

(82) Asma al-Husna : Al-Muntaqim





(82) Al-Muntaqim (Yang Maha Pengancam)
 
Al-Intiqaam (pembalasan dengan siksa) berasal dari kata al-niqmah, yang berarti klimaks ungkapan kebencian terhadap sesuatu dengan diakhiri penyiksaan.
Firman-Nya:

“Wa maa naqamuu minhum”
Artinya:  “Dan mereka tidak menyiksa mereka (orang-orang mukmin)” (QS. al-Buruuj [85]: 8).

Dalam ayat lain disebutkan:

“Hal tanqimuuna minnaa”
Artinya:  “Apakah kamu memandang kami salah” (QS. al-Ma’idah [5]: 59).

Jadi intiqaam Allah Swt merupakan balasan siksa-Nya kepada ahli maksiat, karena perbuatan mereka menimbulkan kebencian Allah.Sedangkan kebencian dalam sifat berarti pencelaan terhadap yang berbuat dan menimpakan siksa kepadanya. Kata tersebut tidak dapat diartikan gusar, keterkejutan jiwa atau tertimpa kesusahan dan kepayahan, sebagaimana yang biasa terjadi di kalangan manusia.

Allah Swt sangat murka apabila suatu pelanggaran mengenai hak sesama makhluk, tetapi tidak demikian bila mengenai hak diri-Nya. siksa ditimpakan kepada orang yang melanggar hak makhluk, bukan mengenai hak diri-Nya.

Diriwayatkan dari Abu Darda ia berkata: “Adakalanya seorang hamba dalam suasana aman sentosa, kemudian Allah Ta’ala – demi menguji dan mencobanya – memerintahkan Malaikat Jibril agar mencabut suasana yang demikian itu dari hatinya. Apabila si hamba merasa terkejut dan takut serta menyadarinya, maka suasana sentosa itu akan dikembalikan lagi. Tetapi kalau si hamba tidak mempedulikan apa yang dialaminya, maka akan ditambah dengan siksa.

Adakalanya seorang hamba memohon bantuan Allah setelah ia melakukan pelanggaran dengan secepatnya, maka hamba itu pun memperoleh perhatian-Nya sebelum ditimpa balasan siksa. Yang demikian ini berarti Allah Swt membimbing si hamba pada pemeliharaan maghfirah-Nya dan disegerakan pemberian maaf dengan kelembutan kebaikan-Nya.

<===  To Be Continued  ===>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...